Budidaya Ikan Mas, Dari Hobi Jadi Hoki

Sobat mancing pasti sudah tidak asing lagi dengan Ikan Mas, bukan? Ikan Mas atau Goldfish merupakan salah satu ikan yang sering dibudidayakan yang juga memiliki nilai ekonomis. Maka tidak mengherankan jika Ikan Mas menjadi salah satu primadona bagi pecinta ikan air laut untuk dibudidayakan.

Nah, sebagai salah satu komoditas ikan air tawar yang mudah dikembangbiakan, Ikan Mas ternyata memiliki rate yang cukup diatas rata-rata dipasaran, loh. Tentu saja, dari segi harga, budidaya Ikan Mas cukup menggiurkan.

Melihat potensi budidaya Ikan Mas yang begitu tinggi, maka semakin banyaklah orang yang tertarik untuk membudidayakannya. Berikut ini cara sederhana untuk memulai budidaya Ikan Mas yang cocok untuk pemula yang bisa jadi pedoman sobat mancing! Yuk disimak!

1. Menyiapkan Kolam

Langkah awal yang dibutuhkan adalah dengan menyiapkan kolam terlebih dahulu ya, sobat mancing! Kemudian, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu agar terhindar dari penyakit dan parasit.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengeringkan kolam selama 1 hari (untuk kolam semen), dan 5 sampai 7 hari untuk kolam tanah.

Setelah itu, sobat mancing bisa langsung mengisi kolam dengan air (15 cm) dan jika airnya berubah menjadi hijau, artinya ganggang dan plankton sudah tumbuh yang bisa menjadi sumber makanan Ikan Mas. Sebagai tambahan, untuk menciptakan makanan alami Ikan Mas juga bisa dihasilkan dengan cara menambah pupuk organik atau pupuk kandang agar plankton bisa hidup di sana.

Kemudian, kolam Ikan Mas sudah siap diisi dengan air hingga ketinggian mencapai 120 cm.

2. Menebar Bibit

Langkah selanjutnya dalam budidaya Ikan Mas adalah dengan melakukan penebaran bibit. Pastikan sobat mancing untuk memilih bibit yang unggul ya, hal ini agar risiko kegagalan semakin kecil.

Untuk mendapatkan bibit unggul Ikan Mas, sobat mancing bisa mendapatkannya dengan membelinya di kelompok tani, UPT Kementerian Kelautan dan Perikanan, atau BPPI.

Jangan lupa untuk memastikan agar jumlah bibit sesuai dengan luas kolam, yaitu dengan rasio yang pas adalah 20 ekor per meter persegi.

3. Memberi Pakan

Pemberian makan pada Ikan Mas juga tergolong mudah, yaitu sobat mancing cukup menyiapkan pakan dengan protein 25% dan pemberiannya 3-4% bobot ikan.

Durasi pemberian makan pada Ikan Mas normalnya adalah pada pagi dan sore hari, dan pastikan agar tidak ada makanan yang tersisa ya, sobat mancing! Hal ini untuk menaggulangi pakan yang tersisa, yang berpotensi menimbulkan penyakit dan mengurangi oksigen bagi Ikan Mas akibat proses pembusukan.

4. Panen

Jika ukuran Ikan Mas sudah mencapai 300-400 gram per ekornya, itu tandanya Ikan Mas sudah siap panen loh, sobat mancing! Nah, umumnya berat Ikan Mas akan mencapai ukuran tersebut saat usia ikan memasuki 6 hingga 8 bulan.

Sudah siap panen, artinya sudah siap menuai cuan dong!

Ternyata budidaya Ikan Mas tidak serumit yang dibayangkan kan, sobat mancing? Selama dikerjakan dengan telaten, pastinya hasilnya pun akan sangat memuaskan.

Gimana? Sudah mulai tertarik dengan prospek budidaya Ikan Mas?

author

Yudi Bachtiar

Hobi memancing, berpetualang, berburu dan fotografi.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.