5 Fakta Menarik Tentang Ikan Baracuda yang Wajib Anda Ketahui

Hai mancing mania! Apakah Anda mengetahui atau pernah memancing ikan tangguh nan gagah Baracuda?

Ikan Baracuda merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki sirip kipas. Ikan ini kerap dikenal sebagai wujudnya yang menyeramkan dan besar.

Ikan Baracuda kerap menjadi salah satu ikan incaran oleh para pemancing. Dengan ukuran tubuh ikan yang besar, para pemancing ingin unjuk gigi dengan menangkap ikan ini hingga berhasil.

Sebelum Anda pergi memancing ikan Baracuda, Anda perlu mengetahui beberapa fakta menarik seputar ikan ini. Baca artikel ini sampai tuntas ya mancing mania!

1. Penampilan ikan Baracuda tidak semenyeramkan yang Anda kira

Ikan Baracuda memiliki tubuh besar dan gigi tajam nan runcing sering dilihat oleh pemancing atau penyelam sebagai ikan yang menyeramkan. Pemancing dan penyelam selalu memikir dua kali jika ingin berhadapan dengan ikan ini.

Namun ternyata ikan Baracuda tidak semenyeramkan dan semenakutkan yang Anda kira. Ikan Baracuda justru tampak tenang jika berhadapan dengan penyelam hingga kelompok ikan Baracuda membentuk “tornado laut”, seperti yang dilansir dari dive-the-world.com.

2. Perhatikan ikan Baracuda jenis ini sebelum dimakan!

Ikan Baracuda sangat lezat untuk disantap. Namun perlu diperhatikan ukuran ikan Baracuda sebelum dimakan karena dapat beracun. Semakin besar ukuran ikan Baracuda, maka semakin berpotensi untuk beracun.

Keracunan makan daging ikan Baracuda tidak berakibat fatal, namun dapat menyebabkan halusinasi, nyeri otot dan sendi yang parah, iritasi kulit, hingga demam.

3. Ikan Baracuda dikenal gesit dalam berenang

Tubuh ikan Baracuda berbentuk layaknya torpedo. Bentuk ikan Baracuda yang panjang dan sedikit ramping mampu berenang secara gesit hingga 35 mph.

Kecepatan berenang ikan ini seperti ikan Hiu Mako yang terkenal berenangnya yang cepat. Kecepatan berenang ikan Baracuda dapat menyeimbangkan dengan kecepatan berenang dalam mengejar mangsa.

4. Ternyata ini makanan favorit ikan Baracuda!

Dengan mengandalkan penglihatan dan mengamati perairan untuk mencari mangsa, ikan Baracuda selalu mengamati mangsa dengan cara tersebut.

Ikan Baracuda cenderung memilih mangsa berupa ikan yang lebih kecil dengan memantulkan cahaya. Jika Anda sebagai penyelam, tidak perlu khawatir dengan ikan ini karena ikan Baracuda yang terlihat menyeramkan tidak memangsa manusia.

5. Lingkungan ikan Baracuda

Ikan Baracuda cenderung hidup di lingkungan laut beriklim tropis. Selain itu, ikan Baracuda memilih tempat tinggal di laut yang banyak budidaya terumbu karang agar sekaligus mencari mangsa.

Itu dia, 5  fakta menarik tentang ikan Baracuda. Ikan Baracuda cukup kuat dalam bertahan hidup ‘kan, mancing mania! Semoga dapat menambah pengetahuan mengenai ikan Baracuda sebelum memancing atau menyelam ikan ini. Share artikel ini jika bermanfaat!

author

Yudi Bachtiar

Hobi memancing, berpetualang, berburu dan fotografi.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *