5 Fakta Mengenai Ikan Cakalang Sang Primadona Mancing Mania

Hai sobat mancing mania! Apakah Anda tahu ikan tangkapan favorit para mancing mania? Benar, Ikan Cakalang!

Ikan Cakalang merupakan ikan berukuran sedang dari famili Scombridae (tuna). Ikan Cakalang memiliki nama latin Katsuwonus pelamis. Ikan ini dapat hidup di daerah perairan apapun, bahkan di kolam pemancingan.

Selain itu, masih banyak lagi fakta seputar Ikan Cakalang. Mau tahu apa saja fakta Ikan Cakalang? Simak artikel ini sampai tuntas!

1. Ikan Cakalang memiliki berbagai nama atau istilah lain

Ikan Cakalang memiliki berbagai nama lain dalam bahasa Inggris, antara lain: Skipjack, Katsuwonus Pelamis, Bonito, Mushmouth, Oceanic Bonito, dan Stripped Tuna.

Sedangkan penyebutan Ikan Cakalang di berbagai daerah Indonesia juga berbeda-beda, antara lain: cakalan, cakang, kausa, kambojo, karamojo, turingan, dan bahkan ada yang menyebut ikan ini sebagai tongkol.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan istilah lain dari Ikan Cakalang, karena sama saja dengan Ikan Cakalang.

2. Ikan Cakalang yang kaya akan nutrisi baik bagi tubuh

Tidak perlu diragukan lagi, Ikan Cakalang memiliki sumber protein dan omega-3 dan omega-6 yang baik bagi kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu saja, Ikan Cakalang juga memiliki kandungan vitamin B-kompleks, vitamin A, zat besi, kalsium, dan sebagainya.

Dengan adanya kandungan nutrisi tersebut, Diyakini dapat mengatasi anemia, memperkuat kesehatan tulang dan gigi, mengurangi kadar kolesterol, hingga mencegah resiko penyakit jantung dan  sebagai zat antikanker.

3. Masih satu spesies dengan ikan tuna

Rupanya Ikan Cakalang masih satu famili dengan Scrombide, yang mana hal tersebut adalah ikan tuna. Dari segi fisik tampak sangat mirip dengan ikan tuna, hanya saja Ikan Cakalang berukuran lebih kecil dibanding dengan ikan tuna.

4. Ciri-ciri Ikan Cakalang

Cakalang dewasa memiliki panjang tubuh mencapai 1 m dan berat hingga 20 kg. Namun, Anda menjumpai Cakalang di pasar dengan panjang sekitar 50 cm.

Tubuhnya memanjang dan sedikit bulat. Ikan ini memiliki dua sirip punggung terpisah. Bagian punggung berwarna biru keungu-unguan hingga gelap. Sedangkan bagian bawah ikan ini berwarna keperakan dihiasi oleh motif garis-garis berwarna hitam. Cakalang hanya memiliki sirip di bagian barut badan dan gurat sisi.

5. Habitat Ikan Cakalang

Pada umumnya, Ikan Cakalang hidup di perairan iklim tropis dan subtropis Samudera Hindia, Samudera Pasifik, dan Samudera Atlantis. Ikan Cakalang hidup bergerombol dengan ikan lainnya dengan jumlah hingga 50 ribu ekor.

Demikian artikel mengenai fakta Ikan Cakalang. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda pengetahuan mengenai Ikan Cakalang.

Apakah Anda memiliki pengalaman memancing Ikan Cakalang? Jika ada, tulis pengalaman Anda di kolom komentar ya, sobat mancing mania!

author

Yudi Bachtiar

Hobi memancing, berpetualang, berburu dan fotografi.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *